Krim Kelly

Kalian tentu tidak asing kan dengan yang namanya krim Kelly? Kalau kalian malah asing dengan merk ini, bahkan justru baru tahu dari tiktok, itu artinya kalian perlu kenalan dengan krim yang satu ini.

Kelly ini dulu hits banget pada zamannya. Pokoknya dia adalah skincare yang paling hits dah. Makanya orang dulu tuh kulitnya bersih, glowing, kenyal karena pakai Kelly ini.

Sampai nih, riba-tiba ada isu kalau krim Kelly dan segala jenis skincare Kelly itu ber MERKURI. Langsung deh, orang mulai jarang memakai ini. Apa jangan-jangan kalian dulu yang pernah termakan isu ginian? Hayoo

Nah, tahun ini Kelly mulai booming lagi. Terutama di tiktok tuh. Di fyp aku, sering banget lihat orang yang mereview penggunaan krim Kelly ini. Sampai ada yang bilang kalau krim Kelly itu dupe nya day cream MS Gl*w.

Lah masa iya sih? Terus krim Kelly emang aman? Bukannya katanya mengandung merkuri karena pas dipakai bikin putih seketika?

Mari kita baca klaim nya si krim Kelly ini dulu deh

Klaim

Kelly Pearl Cream Mengandung vitamin E, Squalane Oil, dan Benzophenone-3 yang mampu menjaga kelembapan alami kulit wajah. Mengandung tabir surya yang melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari.

krim kelly

di dalam kemasan nya, sudah tertera brosur tentang informasi produk nya yak

Ingredients

White Petroleum Jelly, Isopropyl Myristate, Beeswax, Titanium Dioxide, Talc, Lanolin, Squalane, Tocopheryl Acetate, Benzophenone-3, Fragrance, Propylparaben, CI 19140, CI 15985

Packaging

krim kelly

Sebenarnya, Kelly memiliki dua versi. Pertama, versi produksi Indonesia (seperti yang aku bahas sekarang). Kedua, yaitu produksi Thailand, tapi sering disebut Kelly Arab karena sering dijadikan oleh-oleh habis umroh maupun Haji.

Warnanya tuh memang sudah menjadi ciri khas kelly, yaitu merah terang. Tapi bukan berarti isinya ikutan merah loh. Tidak 😀

krim kelly

Pas dibuka kotaknya, kelihatan packaging nya yang berbentuk bulat ini. Krim kelly sendiri memiliki 2 size. Yang aku pegang sendiri adalah size besar, yaitu 15gr. Meskipun begitu, kemasan nya bikin gemes begini.

Tekstur

krim kelly

Untuk tekstur nya sendiri, krim kelly ini sedikit berat. Makanya banyak yang bilang, krim kelly ini lebih cocok dipakai untuk orang yang kulit wajahnya normal cenderung kering. Wajar sih, karena krim kelly kandungan nya memang untuk melembapkan kulit wajah.

Warna krim nya berwarna kuning. Ya warna kuning ala-ala alas bedak gitu. Lah kan fungsi nya memang untuk alas bedak sih. kalau wangi nya, nah wangi nya kayak bau bedak zaman dulu. Asli, mencium wangi krim nya vibes nya berasa kayak zaman dulu banget.

Karena tekstur krim nya cenderung berat, dan kulit wajah aku ini sensitif (ditambah, ada kandungan paraben nya), aku lebih berani mengaplikasikan krim kelly ini di kulit aku. Jadi beruntunglah kalian yang kulit wajahnya tidak se cerewet kulit wajah aku 😀

Pas pertama kali diaplikasikan ke kulit aku, aku kaget sih. Meskipun tekstur nya cenderung berat, tetapi dia gampang loh di blend ke kulit aku. Kelihatan banget kan kalau krim nya berwarna kuning. tetapi pas sudah di blend, kulit menjadi jauh lebih putih dan cerah.

Setelah memakai krim kelly ini di kulit tangan aku, rasanya menjadi lembap. Bukan lembap yang berlebihan loh ya, ini lembap nya pas, dan enak di kulit. Terus wangi krim kelly nya ini, beh, berasa kaya pakai bedak di zaman dulu. Mungkin banyak dari kalian yang faham maksudnya aku ini. 🙂

Kalau tidak bermerkuri, kenapa pake kelly langsung putih?

Aku awalnya juga begitu mikirnya, kalau ngga ada merkurinya, kenapa orang-orang pake Kelly kulitnya menjadi putih ya?

Jadi, menurut pemaparan dokter Richard (cek instagram @dr.richard_lee), Kelly bisa bikin putih karena ada dua kandungan yang membuat kulit menjadi putih seketika, yaitu white petroleum jelly dan titanium dioxide. Titanium dioxide sendiri kita kenal sekarang sebagai bahan yang bisa menangkal sinar matahari.

Titanium dioxide sendiri sangat sering dipakai di produk sunscreen loh.

Aku jadi iseng main cocoklogi nih. Kelly kan sudah lama sekali hadir mulai zaman nenekku malah. Kalau orang-orang zaman dulu kulitnya putih karena memakai Kelly ya masuk akal sih. Secara, sinar matahari zaman dulu tidak se ba-bar zaman sekarang.

Bener kan? 😀

Karena Kelly fungsinya untuk menghalau sinar buruk matahari, otomatis ya kulit wajah
tidak menggelap. Makanya orang zaman dulu kalau pakai Kelly kulitnya putih karena kandungan titanium dioxide yang menghalau efek buruk sinar matahari.

Krim Kelly sendiri, kalau dilihat ingredients nya, tidak ada kandungan yang bisa membuat kulit cerah, seperti vitamin C, alpha arbutin dan teman-temannya. Jadi, kalau orang pakai krim Kelly terus instan putihnya, itu efek titanium dioxide nya ya beb 🙂

Kalau kalian bingung, coba kalian perhatikan produk sunscreen atau pun lotion yang mengandung titanium dioxide, kalau memakai produk tersebut, kulit langsung putih. Begitu pula krim Kelly 🙂

Kesimpulan

Efek putih setelah pemakaian krim kelly ini bukan karena ada kandungan merkuri, tetapi karena kandungan titanium dioxide. Jadi, buat kalian yang kulitnya normal cenderung kering, kalian bisa pakai krim kelly ini. Karena, biar kulit kalian lembap dan terlindungi dari sinar matahari.

Tapi perlu diingat, kandungan Beeswax, Petroleum Jelly, Fragrance, dan Parfum yang terkandung di dalamnya belum tentu cocok untuk jenis kulit wajah tertentu. Jadi, pakai skincare yang memang cocok untuk jenis kulit wajah kalian ya 🙂